top of page

Gunung Raung

Gunung Raung merupakan gunung tertinggi ketiga di Jawa Timur setelah Gunung Semeru dan Gunung Arjuno, serta menjadi yang tertinggi keempat di Pulau Jawa. Kaldera Gunung Raung juga merupakan kaldera kering terbesar di Pulau Jawa dan terbesar kedua di Indonesia setelah Gunung Tambora yang berada di Nusa Tenggara Barat.

Jalur yang paling umum digunakan yaitu lewat Dusun Wonorejo, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi, karena hanya lewat jalur inilah kalian bisa mencapai puncak tertinggi dari gunung Raung, yaitu puncak Sejati yang berada di ketinggian 3.344 mdpl.

Pendakian gunung Raung via Kalibaru ini sangat menguras tenaga, hal ini disebabkan karena tidak terdapat sumber air di jalur ini, kalian harus membawa dari bawah. Dengan durasi pendakian 3 hari 2 malam minimal kalian harus membawa 6liter/orang, itupun mesti dibantu dengan sikap hemat. Namun jika kalian mempunyai uang lebih, saya sarankan untuk menyewa jasa porter air, lumayan untuk menghemat tenaga.

Sebelum memulai pendakian pastikan kalau kalian sudah mempunyai guide, karena aturan di gunung ini kalian wajib didampingi oleh guide yang sudah hapal medan di gunung Raung. Jangan harap kalian bisa mendaki jika tanpa guide.

Total ada 9 pos dan 3 puncak yang harus kalian lewati sebelum kalian mencapai puncak Sejati gunung Raung. Berbeda dengan gunung-gunung pada umumnya, untuk bisa mencapai puncak Sejati gunung Raung kalian memerlukan peralatan khusus seperti tali kernmantel, tali prusik, harnes, helm, karabiner dll, karena jalur yang akan kalian lewati sangat berbahaya. Itulah alasan kenapa pengelola mewajibkan kalian untuk memakai guide, karena nantinya si guide inilah yang akan membukakan jalur untuk kalian di beberapa titik rawan dengan cara memasang tali dan alat pengaman. Tak heran jika gunung ini mendapat perdikat sebagai gunung ter-ekstrim di pulau Jawa.


So, jika kalian ingin kesini kami siap membantu.


@sedjati.trip_organizer

wa.me/6283877525276 3

0 views0 comments
Post: Blog2_Post

©2022 by Sedjati Trip. Proudly created with Wix.com

  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
bottom of page